Senin, 08 Agustus 2011

CUCI IRIT WASTAFEL


  • Sumbat wastafel

Wastafel yang anda temui di penginapan kalian belum tentu ada sumbatnya, jadi sebaiknya anda selalu bawa sendiri. Karena jenis lubang wastafel berlainan satu dengan yang lain, pilihlah “universal sink stopper” alias sumbat universal, yang bentuknya datar dan diameternya lebar, yang bisa dipakai di berbagai jenis wastafel.

  • Sabun/deterjen

Tidak harus deterjen khusus baju kalau malas bawa atau kalo tangan sensitif terhadap detergen. Sabun cair atau shampoo tanpa conditioner adalah alternatif yang bagus. Di berbagai traveling toko biasanya dijual multi guna sabun cair pekat, yang bisa dipakai untuk mandi, cuci rambut, dan cuci-cuci. Ini juga alternatif yang bagus.

  • Sarung tangan kedap air

Ini untuk kalo kulit tangan anda sensitif terhadap detergen.

  • Tali untuk menggantung

Tidak perlu tali kuat yang mahal-mahal. Saya bawa 2 pasang tali sepatu yang panjang. Murah, ringan, hemat tempat.

  • Jepitan (optional)

Daripada bawa jepitan baju yang besar ukurannya, saya pakai jepit rambut hitam saya yang belinya memang harus 1 pak, padahal cuma 2-3 yang terpakai.

Petunjuk, yang aduh, gampang banget:

  1. Sumbat wastafel, isi dengan air (hangat kalo ada), masukkan sabun cuci, rendam baju kalian selama kalian suka. Saya biasanya 1 jam.
  2. Ucek dengan tangan, sisihkan.
  3. Isi wastafel dengan air bersih, bilas untuk menghilangkan air sabun. Ulang beberapa kali.
  4. Peras
    • Tips kering kilat: Setelah peras dengan tangan, gulung pakaian dengan handuk yang kering kalo ada (atau setidaknya lebih kering daripada baju kalian, hehe), tekuk dua hasil gulungan, injak-injak dengan pelan dan merata dengan seluruh berat tubuh. Alhasil sebagian besar air berpindah ke handuk. Masih perlu dijemur, tapi biasanya semalam saja, atau maksimal 24 jam, akan kering.
  5. Pasang tali gantungan (cantolkan di apapun yang tampak cukup kuat, jangan di atas outlet listrik, jangan dicantolkan di emergency water sprayer).

Cuci baju di wastafel ini sering saya lakukan teruama di hotel budget yang kamar mandinya di dalam. Biasanya di hostel-hostel dengan kamar mandi luar, hal ini dilarang. Biasanya sih, jika dilarang gitu, mereka punya coin laundry atau jasa layanan cuci yang murah. Sedangkan kalau di hotel meskipun yang budget pun, harga laundry mahal sekali, dan lagian mereka menyediakan beberapa handuk lebar yang ideal untuk keringkan baju secara kilat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar